Home » Kesehatan » Hati-Hati, Kelainan Pada Otot Ini Bisa Didapatkan Saat Fitnes

Hati-Hati, Kelainan Pada Otot Ini Bisa Didapatkan Saat Fitnes

Hati-Hati, Kelainan Pada Otot Ini Bisa Didapatkan Saat Fitnes

hati-hati-kelainan-pada-otot-ini-bisa-didapatkan-saat-fitnes

Saat anda melakukan berbagai olahraga dan olah tubuh, anda harus benar-benar melakukan segala gerakan dengan baik dan benar. Hal ini pastinya sangatlah penting untuk anda perhatikan karena jika anda salah dalam melakukan gerakan maka berbagai kelainan pada otot ini pastinya akan anda dapatkan. Beberapa kelainan ini pastinya haruslah anda hindari jika anda tidak ingin mengalaminya, caranya sangatlah mudah tentunya, lakukan gerakan dengan benar maka kelainan otot pun aakan terhindari.

kelainan pada otot yang sering terjadi saat fitnes

ada beberapa kelainan pada otot saat fitnes yang bisa menimpa anda sewaktu-waktu. Salah satu yang sering terjadi pada saat fitnes adalah terjadinya kram atau kejang pada otot. Ini terjadi karena otot dipaksa untuk bekerja terlalu keras hingga menyebabkan kejang. Memang, kelainan pada otot yang satu ini tidak terlihat seperti sakit yang berbahaya, namun jika dibiarkan saja pastinya bisa menimbulkan berbagai akibat yang tidak diinginkan. Umumnya kejang atau kram otot hanya terjadi selama 1 menit. Nah, jika anda terkena sakit yang satu ini maka yang perlu anda lakukan adalah ambil posisi rileks dan terus ambil nafas dengan teratur hingga kram hilang.

kelainan pada otot yang kedua yang sering menimpa saat latihan fitnes adalah terkilir. Untuk kasus yang satu ini merupakan sakit yang timbul karena terjadi robekan pada otot. Penyebabnya dari terkilir biasanya karena sendi dan juga otot mengalami penekanan yang diluar batas dan menyebabkan otot mengalami robekan. Jika anda mengalami terkilir pada saat latihan maka pertolongan yang bisa anda lakukan adalah dengan istirahat terlebih dahulu dan kompres dengan menggunakan air es selama 20 menit. Setelah itu balut pada bagian yang terkilir supaya peradangan terminimalisir.

Nah, untuk kelainan yang paling parah yang bisa anda dapatkan jika anda terlalu keras dalam latihan fitnes dan memaksakan tubuh adalah Hipertrofi. Penyakit ini terjadi pada otot yang menyebabkan pembengkakan pada otot. Otot akan mengalami pembesaran yang pastinya akan memerlukan satu penanganan yang khusus jika anda mengalami kelainan pada otot yang satu ini. Hanya dengan akupuntur saja anda bisa memulihkan otot hingga pulih. Nah, untuk itulah jangan terlalu memaksakan otot dan tubuh saat belajar fitnes jika tidak ingin terkena hipertrofi.

Jika anda sudah tahu tentang beberapa kelainan otot karena fitnes tersebut pastinya anda harus lebih berhati-hati dalam berolahraga. Memang, untuk lebih mempercepat tubuh atau otot anda harus berlatih dengan lebih giat, tetapi bukan berarti memaksakan tubuh. Pastikan jika tubuh dan otot tidak terlalu dipaksa supaya anda pun bisa menghindari berbagai kelainan pada otot yang bisa terjadi kapan saja. Nah, oleh karena itu lakukan fitnes dengan sehat dan hasil maksimal pun akan anda dapatkan.